Pendidikan

Sinergi IPB University, Dinas Lingkungan Hidup, Dikdasmen dan Sekolah Mendukung Terwujudnya Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Sukoharjo

174
×

Sinergi IPB University, Dinas Lingkungan Hidup, Dikdasmen dan Sekolah Mendukung Terwujudnya Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Sukoharjo

Sebarkan artikel ini
Tim dosen dari Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, IPB University yang diketuai Dr. Ir. Siti Badriyah Rushayati, M.Si, melaksanakan kegiatan Dosen Mengabdi Inovasi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, 6-8 Desember 2023.(Foto: Dok IPB University)

Sukabumihitz.com, Sukoharjo– Dr. Ir. Siti Badriyah Rushayati, M.Si sebagai ketua tim beserta Ir. Lin Nuriah Ginoga, M.Si, dan Dr. Rachmad Hermawan, M.Sc.F. Trop, dari Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, IPB University, melaksanakan kegiatan Dosen Mengabdi Inovasi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, 6-8 Desember 2023.

Salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yaitu terbentuknya Sekolah Adiwiyata yang merupakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) yang dilaksanakan dengan aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup. Dalam pelaksanaannya, perlu aksi koleksif dari warga sekolah dari kepala sekolah, guru, siswa, komite sekolah, Dinas Lingkungan Hidup, Dikdasmen dan institusi/lembaga yang terkait dengan pelaksanaan sekolah adiwiyata.

“Untuk itu, IPB University yang dari tahun 2022 ikut berpartisipasi dalam mendukung sekolah adiwiyata, berusaha menggali dan memberikan masukan kepada stakeholder untuk bersama-sama bersinergi mensupport sekolah agar lebih banyak lagi sekolah yang menjadi sekolah adiwiyata dari mulai tingkat kabupaten, provinsi, nasional dan mandiri,” kata Dr. Ir. Siti Badriyah Rushayati, M.Si. dalam rilis yang diterima Sukabumihitz.com, Senin (18/12/2023).

Baca Juga : Yayasan Alumni IPB Gelontorkan Rp 3 Miliar untuk Beasiswa Mahasiswa  IPB

Ia menambahkan,[pihak sSekolah, Dinas Lingkungan Hidup, dan stakeholder lainnya di Kabupaten Sukoharjo sangat mendukung  gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah. “Hal itu  dibuktikan dengan semakin banyaknya sekolah di Kabupaten Sukoharjo yang ikut terlibat dan lolos dalam penilaian sekolah adiwiyata,” ujarnya.