Pendidikan

SD Bina Insani, Bogor, Gelar Semarak Muharram 1445H

89
×

SD Bina Insani, Bogor, Gelar Semarak Muharram 1445H

Sebarkan artikel ini
Suasana Gema Muharram yang diadakan oleh SD Bina Insani, Bogor, 10-11 Muharram 1445 H/ 28-29 Juli 2023. (Foto: Dok SBBI)

Sukabumihitz.com, Bogor– Sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan, SD Bina Insani mengadakan kegiatan Gema Muharram tepatnya 10 – 11 Muharram 1445 H/28 – 29 Juli 2023. Kegiatan tersebut diadakan di SD  Bina Insani, Bogor.

Saat membuka pelaksanaan acara Gema Muharram, Kepala SD Bina Insani, Dra. Eka menyampaikan bahwa bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang ada di kalender Hijriyah.

Selain itu,  sambungnya, bagi umat muslim, bulan Muharram merupakan bulan yang agung, bulan yang mulia, sebagaimana firman Allah dalam surat At Taubah ayat 36 :

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوۡرِ عِنۡدَ اللّٰهِ اثۡنَا عَشَرَ شَهۡرًا فِىۡ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوۡمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ مِنۡهَاۤ اَرۡبَعَةٌ حُرُمٌ‌ ؕ ذٰ لِكَ الدِّيۡنُ الۡقَيِّمُ ۙ فَلَا تَظۡلِمُوۡا فِيۡهِنَّ اَنۡفُسَكُمۡ‌ ؕ وَقَاتِلُوا الۡمُشۡرِكِيۡنَ كَآفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوۡنَكُمۡ كَآفَّةً‌  ؕ وَاعۡلَمُوۡۤا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الۡمُتَّقِيۡنَ

Artinya : “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzhalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.”

Adapun kegiatan yang diikuti peserta didik diantaranya tausiyah yang bertema Tingkatkan Taqwa, Mantapkan Akhlak Mulia; semangat peduli dan berbagi antar sesama;  serta menonton film kartu  Islam dan tanya jawab film kartun Islam.

“Ditambah berbagai lomba seperti menyusun puzzle gambar menjadi sebuah gambar masjid yang indah,” kata Eka Rafikah dalam rilis yang diterima Sukabumihitz.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *