BeritaPendidikanTeknologi

Ratusan Siswa di Sukabumi Ikuti Workshop & Kunjungan Industri

371
×

Ratusan Siswa di Sukabumi Ikuti Workshop & Kunjungan Industri

Sebarkan artikel ini
BSI Digination 2023 Batch 4

Sukabumihitz, Universitas BSI Kampus Sukabumi bersama Digital Creative Center (DCC) sukses adakan workshop dan kunjungan industri dalam acara BSI Digination 2023 batch yang ke-4 bagi siswa-siswi SMA sederajat di Sukabumi. Acara tersebut mengangkat tema “Opportunities in Creative Industry” yang terlaksanakan pada tanggal 7-9 November 2023 lalu, bertempat di Aula Universitas BSI Sukabumi dan Lab Alfa-1 DCC. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia industri digital kreatif terutama bidang broadcasting dan podcast.

Dalam sambutan, Jamal Maulana selaku Kepala Kampus mengatakan “Acara BSI Digination ini bertujuan memaparkan dan membahas digitalisasi untuk mendorong siswa untuk berkarya dan berkreatifitas pada era digital. Semoga dengan adanya acara ini, dapat membuka tali silaturahmi kita dengan ibu/bapak dari tiap sekolahnya dan dapat terus bekerja sama mecerdaskan bangsa Indonesia”.

Lima sekolah menjadi peserta pada acara tersebut, yaitu SMKN 2 Kota Sukabumi, SMKS PGRI 1 Kota Sukabumi, SMK Al-Husaeniyah, MA Sunanulhuda dan SMKN 1 Gunungguruh. Peserta terdiri dari 2 guru pendamping dan 50 orang siswa/siswi perwakilan tiap sekolah.

Baca Juga – Membuka Peluang Karir di Industri Kreatif

Kunjungan Industri BSI Digination
Kunjungan industri sekaligus praktik Broadcasting dan Podcast di Lab Alfa-1 DCC Jln Veteran II No. 20A | dok: Jurnalis

Acara tersebut terbagi menjadi sesi workshop di aula Universitas BSI Sukabumi dan sesi kunjungan industri di Lab Alfa-1 DCC. Sesi workshop menghadirkan Satia Suhada dan Gunawan selaku Content Creator yang menjadi narasumber. Pada sesi ini, narasumber memberikan materi tentang cara membuat video yang menarik dan menguploadnya ke sosial media agar trending.

Satia memberikan materi tentang cara membuat video, teknik dalam pengambilan video, dan lainnya. Sedangkan Gunawan membagikan cara agar FYP di sosial media seperti Tiktok dan Instagram. Dalam sesinya, mereka berbagi pengalaman dalam dunia videografi, juga algoritma tiap media sosial agar dapat menjadi konten teratas.

Setelah sesi workshop, selanjutnya guru dan siswa melanjutkan kunjungan industri ke Lab Alfa-1 DCC, untuk praktik Broadcasting dan Podcast. Sesi tersebut diisi langsung oleh CEO DCC yaitu Kukuh Panggalih, dan Hamdun Sulaiman selaku Broadcaster dan Content Creator. Dalam sesinya, mereka memberikan materi sekaligus praktik langsung sebagai News Anchor dan Podcaster.

Baca Juga – Berbagi Skill di Dunia Industri Kreatif 

Workshop BSI Digination 2023 Batch 4
Pemaparan materi sesi workshop BSI Digination di Aula Universitas BSI Sukabumi Jl. Cemerlang No.8 Sukabumi | dok: Jurnalis

Para siswa-siswi sangat senang dan antusias sekali untuk mencoba langsung menjadi pembawa berita dan mencoba podcast langsung. Salah satu siswi dari MA Sunanulhuda membagikan pengalamannya mengikuti acara ini melalu wawancara langsung.

“Acaranya sangat menyenangkan dan kita juga mendapatkan edukasi yang masyaallah sangat berguna buat aku terutama aku juga pengen jadi presenter, tadi juga pas praktek aku kan nyobain dan itu bener-bener ngasih pembelajaran buat kita jadi presenter itu gimana, kaya gimana sistemnya kalo jadi seorang presenter dan itu merupakan pengalaman aku yang paling berharga banget” Ucap Alfi, siswi dari MA Sunanulhuda.

Selain Alfi, Permadi siswa SMKN 1 Gunungguruh juga sangat senang bisa ikut acara seperti ini.

“Acaranya seru banget, sangat luar biasa, meriah banget dan sangat happy“, ungkapnya.

“Berkat acara ini juga saya bisa tau cara pengambilan video yang baik, menjadi Floor Manager juga”, tambahnya.