Berita

Pascalongsor, Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Difungsikan Kembali Hari Ini

75
×

Pascalongsor, Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Difungsikan Kembali Hari Ini

Sebarkan artikel ini
Tol Bocimi
Tol Bocimi ruas Cigombong-Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kembali beroperasi pada Kamis (11/4) | Sumber: kompas.id

Sukabumihitz – Pemerintah siap memfungsikan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) ruas Cigombong-Cibadak Km 64+600 pada Kamis, (11/4).

Pascapenanganan darurat dan pembersihan lokasi pada Jalan Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Km 64+600, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama pihak Kepolisian Resor (Polres) Sukabumi memastikan bahwa ruas tersebut dapat difungsikan untuk membantu mengurangi kepadatan lalu lintas selama masa mudik Lebaran 2024.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja  menuturkan bahwa jalur tersebut rencananya akan dibuka pada pukul 12.00 WIB. Mulai dari Pintu Cigombong KM 60 ke arah Pintu Cibadak/Parungkuda KM 72 menuju Sukabumi.

“Dengan pertimbangan keselamatan, hanya satu lajur pada KM64+600 B yang dibuka fungsional untuk kendaraan Golongan 1. Dimana pengaturan lalu lintasnya dilakukan sepenuhnya oleh Polres Sukabumi,” ujar Endra mengutip dari cnbcindonesia.com pada Kamis (11/4).

Endra menegasakan bahwa ruas fungsional tersebut akan menerapkan sistem buka-tutup, dengan jam operasional yang diatur oleh Polres Sukabumi. Diprediksikan bahwa jadwal buka-tutup akan berlangsung dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya.

Untuk memastikan kesiapan jalan tol, ia juga menyatakan bahwa Kementerian PUPR bersama PT. Trans Jabar Tol akan bersiap atau standby di lapangan. Mereka mengimbau pengguna jalan tol untuk tetap waspada dan mengikuti arahan petugas kepolisian di lapangan demi keselamatan bersama.

Selain itu, Endra juga menjelaskan bahwa selama masa mudik Lebaran, penggunaan seluruh ruas tol fungsional, termasuk Bocimi Ruas Cigombong – Cibadak/Parungkuda, tidak akan dikenakan biaya.

Berdasarkan laporan dari Polres Sukabumi, arus lalu lintas dari Bogor – Cigombong – Cibadak menuju Sukabumi saat ini padat, dan sedang dilakukan persiapan untuk membuka lajur fungsional.

Baca juga: Exit Tol Parungkuda Masih Ditutup Pasca Longsor di KM 64 Tol Bocimi