BeritaHealthKesehatanPendidikan

Mahasiswa Universtas BSI Membangun Desa di Kabupaten Sumedang

61
×

Mahasiswa Universtas BSI Membangun Desa di Kabupaten Sumedang

Sebarkan artikel ini

SukabumiHitz.com – Program Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa ( PTMGRMD ) merupakan program  kerjasama LLDIKTI IV bersama pemerintah Kabupaten Sumedang.

Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) mengirimkan 10 mahasiswa terbaiknya pada tanggal 19 Februari 2024, untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Dari 10 mahasiswa yang dikirimkan, 4 berasal dari Prodi Sistem Informasi(D3) kampus Tasikmalaya,

4 mahasiswa  dari Prodi Sistem Informasi (S1)  kampus Sukabumi , sementara 2 mahasiswa dari Prodi Ilmu Komputer di kampus Sukabumi.

Para mahasiswa/ i ini di tempatkan di Desa Cikeruh dan Desa Mekargalih, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Dari kegiatan PTMGRMD ini, mahasiswa/i harus memfokuskan pada indikator kinerja utama atau Key Performa Indikator (KPI).

KPI kegiatan PTMGRMD yakni , stanting, literasi masyarakat miskin ekstrim, pengoptimalan puskesos (pusat kesejahteraan sosial), OVOV (one village one product), OVOI (one village one inovasion).

Dari masing-masing KPI , semuanya sudah berjalan dan sudah dalam proses berhasil. Terlebih pada program stanting, para mahasiswa sudah bergerak membantu dalam pengecekan kesehatan setiap minggu bersama kader Desa Cikeruh. Dari stanting yang berjumlah 69 orang pada bulan Agustus 2023 lalu, kini sudah mulai berkurang karena seiring bertambahnya usia.

Pada literasi masyarakat miskin, para mahasiswa sudah bergerak dalam memvalidasi data yang diperoleh dari kecamatan, desa serta data dari lapangan.

Untuk pengoptimalan puskesos, para mahasiswa ini sedang mengoptimalkan segi pelayanan dari puskesos itu sendiri.

Selain itu, mereka juga sedang melakukan pembuatan website market place untuk senapan angin desa Cikeruh dengan bertujuan mempertahankan warisan budaya yang sudah sejak lama ada.

Dan yang paling mengejutkan terkait keberhasilan proses kegiatan mereka, para mahasiswa  berhasil menemukan sebuah produk UMKM yang akan menjadi objek kegiatan OVOP. Para mahasiswa juga membuat kube (kelompok usaha bersama) pada desa Cikeruh dengan bertujuan membuka lowongan pekerjaan untuk warga sekitar dan berhasil mencairkan dana Stimulus OVOP dari CSR BANK BJB Sumedang.

Baca juga:Pelatihan Creative Thinking In Programming: Maksimalkan Ramadhan Dengan Ilmu Pengetahuan