BeritaOlahragaSepak Bola

Indonesia U-19 Taklukkan Thailand, Raih Gelar Piala ASEAN 2024

73
×

Indonesia U-19 Taklukkan Thailand, Raih Gelar Piala ASEAN 2024

Sebarkan artikel ini
Timnas U-19 meraih gelar juara Piala ASEAN U-19. | Sumber : Instagram @timnas.indonesia

Sukabumihitz – Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih gelar juara Piala ASEAN U-19 2024 setelah mengalahkan Thailand dengan skor tipis 1-0 di laga final yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Gol kemenangan dicetak oleh Jens Raven, membawa Indonesia meraih gelar kedua dalam sejarah turnamen ini.

Indonesia memulai pertandingan dengan agresif, langsung menekan sejak menit awal. Meskipun Thailand sempat mencoba mengimbangi permainan, Indonesia terus mendominasi. Di menit ke-15, Thailand mendapatkan peluang emas lewat tembakan keras Thanawut Phochai yang membentur tiang gawang Indonesia.

Tak lama setelah itu, Indonesia memanfaatkan sepak pojok untuk mencetak gol. Pada menit ke-18, Jens Raven berhasil menjebol gawang Thailand setelah menerima umpan sundulan dari Kadek Arel yang memanfaatkan sepak pojok Muhammad Kafiatur. Gol ini menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut.

Baca Juga: Indonesia Melaju ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan Kemenangan Atas Filipina

Thailand mencoba membalas dengan beberapa peluang berbahaya. Di menit ke-37, tendangan bebas dari Piyawat Petra mengenai tiang gawang Indonesia. Kiper Indonesia, Ikram Alghifari, berhasil mengamankan gawang dari serangan-serangan Thailand sepanjang pertandingan.

Memasuki babak kedua, Indonesia kembali bermain menyerang namun sering melakukan kesalahan saat mendekati kotak penalti lawan. Thailand mengambil alih permainan di pertengahan babak kedua, tetapi tidak mampu menciptakan peluang yang signifikan.

Indonesia is the 1st ASEAN U-19 Champions | Sumber : Instagram @timnas.indonesia

Hingga akhir pertandingan, Indonesia berhasil mempertahankan keunggulan 1-0. Kemenangan ini menandai gelar kedua Indonesia di Piala ASEAN U-19, setelah sebelumnya meraih gelar pada tahun 2013 di bawah pelatih Indra Sjafri yang juga memimpin tim pada tahun ini.

Timnas Indonesia U-19 Kembali Juarai Piala ASEAN U-19

Susunan Pemain:

Indonesia U-19 (3-4-3): Ikram Alghifari (PG); Alfharezzi Buffon, Kadek Arel Priyatna, Iqbal Gwijangge; M Mufli Hidayat, Welber Jardim, Muhammad Kafiatur, Dony Tri Pamungkas; Arlyansyah Abdulmanan, Jens Raven, M Riski Afrisal.

Thailand U-19 XI: Kittipong Bunmak (PG); Singha Marasa, Pikanet Laohawiwat, Jhetsaphat Khuantanom, Piyawat Petra, Pakawat Taengoakson; Thanawut Phochai, Thanakrit Chotmuangpak, Siradanai Phosri, Phongsakon Sangkasopha; Caelan Tanadon Ryan.

Baca Juga: Turki Mengamankan Kemenangan Kunci atas Georgia dengan Gol Spektakuler Arda Guler di Euro 2024