Berita

Ngontrak Rumah di Cisolok Sukabumi Secara Ilegal, Puluhan Warga Rohingya Diamankan

31
×

Ngontrak Rumah di Cisolok Sukabumi Secara Ilegal, Puluhan Warga Rohingya Diamankan

Sebarkan artikel ini
rohingya
Gambar ilustrasi rohingya | sumber: freepik

Sukabumihitz – Sebanyak 24 orang yang diduga merupakan warga Rohingya ditemukan oleh warga di salah satu perumahan di Kampung Pamugaran, Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, pada Minggu malam (23/9). Lima dari mereka sempat melarikan diri, namun tiga di antaranya berhasil ditemukan dengan bantuan warga sekitar.

Awal kecurigaan warga muncul setelah melihat sejumlah orang asing yang tampak mencurigakan, bolak-balik di area tersebut selama dua hari. Setelah menyadari kejanggalan itu, warga langsung melapor ke pemerintah Desa Cisolok serta Polsek Cisolok.

Menanggapi laporan tersebut, Irvan Ruslandi, Kepala Seksi Pemerintahan Desa Cisolok, bersama tim langsung melakukan pengecekan ke lokasi dan membenarkan bahwa ada 24 orang asing di dua unit rumah di Kampung Pamugaran.

“Kebetulan Pak Kades sedang ada urusan lain, jadi kami langsung ke tempat kejadian untuk memastikan laporan warga. Alhamdulillah, setelah kami cek, memang benar mereka warga asing,” ujar Irvan mengutip dari radarsukabumi.com.

Dari hasil pemeriksaan, terungkap bahwa 24 orang tersebut berasal dari etnis Rohingya, dan Puluhan Warga Rohingya berhasil petugas amankan, Ternyata Mengontrak Rumah di Cisolok Sukabumi Secara Ilegalgan lima di antaranya sempat melarikan diri. Hingga saat ini, tiga orang sudah petugas temukan dan pencarian terhadap dua orang lainnya masih terus dalam pencarian petugas.

“Saat ini, kami masih mencari dua orang yang belum petugas temukan. Kami juga menunggu arahan dari Kapolsek terkait langkah selanjutnya sesuai aturan yang berlaku,” jelasnya.

Baca juga: Terungkap! 28 WNA dari Bangladesh, China, dan India Terjebak di Perairan Sukabumi setelah Kapal Mereka Ditenggelamkan

Sementara itu, Kapolsek Cisolok, AKP Nandang Herawan, mengungkapkan bahwa orang-orang tersebut sudah berada di area perumahan selama dua hari dan berniat menyewa dua unit rumah untuk tinggal selama lima bulan.

“Mereka terdiri dari laki-laki, perempuan, dan anak-anak. Warga melaporkan adanya aktivitas mencurigakan dari orang asing yang sering terlihat di sekitar Kampung Pamugaran, Perumahan Nuansa Indah,” ujar Nandang.

Nandang menjelaskan lebih lanjut bahwa berdasarkan informasi yang petugas terima, para warga Rohingya tersebut datang dari Jakarta dengan bus umum dan melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum ke arah Cisolok. Dan menempati rumah di perum Nuansa Indah.

“Saat ini, kami sedang melakukan pendataan dan akan melaporkannya kepada pimpinan. Penanganan akan berlanjut, oleh Satreskrim Polres  Sukabumi yang sedang dalam perjalanan menuju lokasi,” tutupnya.

Baca juga: Inspiratif! Sakinah Huzaifah, Hafizh Quran Asal Sukabumi Sukses Dapatkan Beasiswa Kuliah