PendidikanTak BerkategoriTeknologi

Mahasiswa UBSI Berpartisipasi pada Sekolah Lapangan Gempa

116
×

Mahasiswa UBSI Berpartisipasi pada Sekolah Lapangan Gempa

Sebarkan artikel ini

Palabuhan Ratu, sebuah kawasan pantai yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, telah menjadi tujuan penting bagi para peneliti dan praktisi dalam studi gempa bumi. Kawasan ini memiliki potensi gempa yang tinggi, dan oleh karena itu, menjadi lokasi yang ideal untuk kegiatan pelatihan dan pembelajaran mengenai mitigasi bencana gempa.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai gempa bumi serta upaya mitigasi bencana, Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Sekolah Lapangan Gempa yang diselenggarakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Yang diselanggarakan di Hotel Grand Inna Samudra Beach palabuhan Ratu, 11-12 Mei 2023,

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses gempa bumi, penerapan teknologi terkini dalam pemantauan dan peringatan dini, serta strategi mitigasi bencana. Dalam program ini, para mahasiswa UBSI berkesempatan untuk belajar langsung dari para ahli dan praktisi gempa bumi di BMKG. Mereka mendapatkan pengenalan tentang konsep dasar gempa bumi, termasuk penyebab, mekanisme terjadinya, serta dampak yang ditimbulkannya. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan mengenai berbagai alat dan metode yang digunakan dalam pemantauan dan deteksi dini gempa bumi.

Universitas BSI mengirimkan Perwakilan Mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Sekolah Lapangan Gempa (SLG) yang terdiri dari 2 mahasiswa dan 1 mahasiswi yakni. Arya M.Wijaya, Figur Ruzikna dan Nurul Fauzia.

Menurut Nurul Fauzia atau Zia sapaan Akrabnya mengungkapkan rasa senangnya  mengikuti kegiatan ini karena banyak ilmu yang didapat dan pengetahuan mengenai mitigasi bencana khusunya Gempa bumi dan Tsunami

“Alangkah senangnya, ternyata banyak ilmu yang didapat. Kami mengira, jika terjadi tsunami hanya tinggal lari saja. Ternyata tidak. Ada banyak persiapan yang harus kami lakukan, terlebih jika tinggal di pesisir pantai” Ucap Zia

Partisipasi mahasiswa UBSI dalam kegiatan ini sangat berarti. Mereka mendapatkan wawasan baru tentang gempa bumi dan dan Tsunami serta mitigasi bencana dan simulasi apabila terjadi bencana gempa bumi dan Tsunami khususnya di wilayayah pesisir pantai. pentingnya upaya mitigasi bencana dalam menghadapinya. Selain itu, mereka juga dapat melihat bagaimana teknologi dan penelitian terkini digunakan dalam pemantauan dan peringatan dini gempa bumi.

Dengan pengalaman yang didapatkan dari Sekolah Lapangan Gempa BMKG di Palabuhan Ratu, diharapkan para mahasiswa UBSI dapat menjadi agen perubahan dalam upaya mitigasi bencana gempa di masa depan. Mereka dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh untuk disosialisasikan kepada masyakat dan mahasiswa lain yang ada di lingkungan Universitas BSI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *