Gaya HidupKuliner

Silsilah Mochi Makanan Jepang Yang Jadi Icon Kuliner Sukabumi

195
×

Silsilah Mochi Makanan Jepang Yang Jadi Icon Kuliner Sukabumi

Sebarkan artikel ini
Sislisah Mochi
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d2/Mochi-dessert-1024x562.jpg

Mochi Mendengar namanya sangat identik dengan negara matahari terbit, namun sejak lama kue mungil nan gemoy ini telah menjadi makanan khas sukabumi dan menjadi icon kuliner di kota Sukabumi Jawa Barat, seperti nya asal usul mochi di Kota Sukabumi sendiri tidak terlalu banyak diketahui oleh banyak orang, Kali ini Hitzer akan membahas tentang silsilah atau asal muasal kudapan yang iconic dari Kota Sukabumi ini.

Pengamat sejarah Sukabumi Irman Firmansyah mengatakan bahwa ada dua versi soal asal usul mochi. Versi pertama, kue ini dibawa oleh tentara Jepang yang pernah menduduki Indonesia. Saat itu ada beberapa orang pribumi yang menjadi juru masak di barak-barak militer Jepang.

Barak militer Jepang ketika itu berada di Sekolah Pembentukan Perwira Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Setukpa Polri, yang pada masa kolonial dikenal dengan nama Politie School. Sekolah ini terletak di Jalan Bhayangkara Kota Sukabumi.

“Pada masa pendudukan Jepang, sekolah digunakan sebagai pertahanan militer utama mereka di Sukabumi. Bahkan hingga kini tungku masaknya masih ada di Setukpa,” kata Irman kepada awak media

Penulis buku Soekaboemi the Untold Story ini mengungkapkan, versi kedua soal asal usul mochi mengatakan bahwa kue tersebut telah diwariskan secara turun temurun oleh warga keturunan Tionghoa yang kala itu jumlahnya cukup banyak di Kota Sukabumi. Makanan ini kerap disajikan dalam acara-acara pernikahan dan Tahun Baru Imlek,

Cukup menarik jika membahas kedua perbedaan soal asal usul di atas. Tak jarang hal itu juga kerap menimbulkan konflik ihwal kapan tepatnya makanan ini masuk ke Sukabumi dan bagaimana proses peralihan keahliannya sehingga dapat menyebar luas hingga sekarang.

Pada kenyataannya Mochi adalah makanan tradisional Jepang dalam upacara yang dikenal dengan mochitsuki, yaitu upacara minum teh dengan Mochi sebagai makanannya. Hal menarik lainnya adalah ternyata terdaoat perbedaan antara Mochi Sukabumi dengan mochi dari Jepang.

Sumber: Mochi Kaswari Lampion Sukabumi (@mochilampion_smi) • Instagram photos and videos.html

Mochi Jepang tidak menggukanan pembungkus dari bambu untuk kue yang bertekstur kenyal tersebut. Selain itu, Mochi yang ada di Jepang tidak ada yang berisi kacang tanah.

Beberapa asusmsi kenapa mochi ada dan exsis di Indonesia karena indonesia pernah diduduki Jepang (1942-1945). Hal ini memungkinkan terjadinya pewarisan keahlian dari tentara Jepang kepada penduduk lokal yang bekerja di dapur-dapur militer.

Sejumlah fakta lain yang dapat menguatkan asumsi ini adalah adanya interaksi ekonomi antara orang-orang Jepang dan penduduk lokal yang sebenarnya telah terjadi sebelum negara matahari terbit itu menduduki Indonesia.

Pada sekitar tahun 1930-an, ditemukan sejumlah toko bahan makanan Jepang yang dikenal dengan sebutan Bussando di kota-kota seperti Batavia, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Beberapa toko Jepang tersebut menjual berbagai kebutuhan sehari-hari berupa bahan makanan pokok.

Di Sukabumi sendiri Mochi baru berkembang sekitar tahun 1960-an, di mana industri Mochi tua yang masih ada adalah Moci 39 yang berlokasi di Jalan Otto Iskandardinata dan Mochi Ahmad Yani yang terletak di dekat traffic light Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi.

Menurut admin Hitzer  Mochi Kaswari Lampionmochi is the best in sukabumi”  mochi terbaik disukabumi

Mochi lampion
https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/15/50/de/23/img-20181109-153524-largejpg.jpg

Mochi ini terletak di Gg. Kaswari No.1, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat 43114. Menurut admin mochi ini paling terkenal karena harga yang murah dan rasa yang variatif kalo Hitzer ingin beli mochi di lampion harus mampir langsung ke Sukabumi karena mochi lampion ga buka cabang, kalo dari Jakarta sekitar 3 jam, ada lagi nih tips nya kalo mau mampir ke Kota Sukabumi lewat jalur lingkar selatan aja terus belok kiri ke jalan Cemerlang lewat Kampus Universitas BSI Sukabumi mantep deh Hitzer dijamin ga akan macet.

Tidak cuman mochi kaswari lampion masih banyak mochi-mochi lain dengan harga yang variatif dan beraneka ragam rasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *