Berita

Pemerintah Kota Sukabumi Sabet Penghargaan Kota Terinovatif dalam IGA 2023

199
×

Pemerintah Kota Sukabumi Sabet Penghargaan Kota Terinovatif dalam IGA 2023

Sebarkan artikel ini
IGA 2023
Pemerintah Kota Sukabumi, meraih penghargaan Kota Terinovatif dalam Innovative Government Award (IGA) 2023 yang diterima langsung oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji | Doc: kdp.sukabumikota.go.id

SukabumihitzPemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat, berhasil meraih penghargaan Kota Terinovatif dalam Innovative Government Award (IGA) 2023 yang  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) selenggarakan.

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, menerima secara langsung penghargaan tersebut pada acara penganugerahan IGA 2023 di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, pada Selasa (12/12).

“Alhamdulillah, Pemkot Sukabumi meraih penghargaan sebagai kota sangat inovatif dari Kemendagri,” ujar Kusmana.

Kusmana menjelaskan bahwa pada tahun 2023 ini mengembangkan total 488 inovasi. Rinciannya mencakup 126 inovasi perangkat daerah, 28 inovasi kecamatan, dan 98 inovasi kelurahan. Selain itu, terdapat 167 inovasi di RSUD, Labkesda, dan puskesmas, serta 67 inovasi di sekolah dan dua inovasi dari BUMD. Dari total inovasi, sebanyak 180 telah dilaporkan kepada Kemendagri, dan Kusmana menekankan bahwa nilai kematangan dari inovasi tersebut mencapai 70.

Banyaknya inovasi tersebut mencerminkan komitmen pemerintah untuk meningkatkan mutu layanan publik. Kusmana juga menekankan bahwa inovasi juga dapat memberikan dorongan bagi Pemkot Sukabumi untuk bekerja secara lebih efektif dan efisien.

Inovasi daerah sangat penting dikembangkan, salah satunya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan,” ujar Kusmana.

Kusuma berharap penganugerahan ini dapat menjadi dorongan semua perangkat daerah Pemkot Sukabumi untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik. Ia juga berharap aparatur Pemkot Sukabumi tetap bekerja profesional dan menghadirkan inovasi terbaik untuk masyarakat.

Kusmana meyakini bahwa tiap anggota aparatur memiliki kelebihan yang dapat menjadi pendorong bagi mereka untuk terus berkreasi demi pembangunan berkelanjutan di Kota Sukabumi.

Inovasi dapat mencakup perkembangan kampung wisata, wisata kuliner, wisata edukasi, dan berbagai aspek lainnya. Harapannya, inovasi yang berkembang dengan kreativitas dapat memberikan efek positif bagi penduduk Kota Sukabumi.

Baca juga: Sukabumi 1980, Nostalgia Seni Tradisional di Jawa Barat pada Era 1980-an