Berita

Hujan Deras Picu Banjir di Kota Sukabumi, BPBD Kerahkan Tim Bersihkan Lumpur

111
×

Hujan Deras Picu Banjir di Kota Sukabumi, BPBD Kerahkan Tim Bersihkan Lumpur

Sebarkan artikel ini
Gambar Ilustrasi hujan. | Doc: Fixabay

Sukabumihitz – Kota Sukabumi kembali dilanda banjir akibat hujan deras yang terjadi sejak Minggu sore (24/3). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi melaporkan bahwa banjir melanda dua lokasi berbeda, dan menimbulkan kerugian bagi beberapa warga.

Menurut laporan dari Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Novian Rahmat, banjir terjadi di wilayah Kabandungan, Kecamatan Gunungpuyuh dan Gang Djuli, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole.

“Banjir pertama terjadi di wilayah Kabandungan, Kecamatan Gunungpuyuh dan kedua di Gang Djuli, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole,”ujar Novian, mengutip dari Republika.

Novian menjelaskan bahwa pemicu banjir di Kabandungan akibat meluapnya Sungai Cimenteng. Banjir tersebut menyebabkan tembok penahan tanah (TPT) dan tembok pembatas Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdiklat Polri roboh.

Sementara itu, di Gang Djuli, banjir merendam empat rumah di dua RT 02, RW 09. Penyebabnya adalah selokan yang tidak berfungsi dengan baik, dan sampah yang menyumbat selokan. Hal ini mengakibatkan air hujan tidak bisa mengalir dengan lancar dan meluap ke permukiman warga.

Baca juga: KPU Umumkan Pemenang Pilpres 2024, Prabowo-Gibran Raih Suara Tertinggi

Walaupun tidak ada laporan mengenai korban jiwa atau luka-luka akibat banjir tersebut, namun genangan air dengan ketinggian rata-rata 20 cm ini telah mengganggu aktivitas sehari-hari warga. Tim penanggulangan bencana yang terdiri dari petugas BPBD dan relawan segera dikerahkan ke lokasi, untuk membantu warga membersihkan lumpur dan merapikan rumah-rumah yang terdampak.

Hingga malam hari, kondisi air mulai surut meskipun beberapa titik di Gang Djuli masih tergenang. Novian Rahmat mengimbau kepada warga untuk rutin membersihkan saluran air untuk mencegah banjir serupa terjadi di masa mendatang.

BPBD Kota Sukabumi terus memantau kondisi cuaca dan siaga bencana guna mengantisipasi potensi bencana lebih lanjut. Langkah-langkah pencegahan dan penanganan bencana menjadi prioritas utama bagi pemerintah setempat dalam upaya menjaga keselamatan dan kesejahteraan masyarakat Kota Sukabumi.

Baca juga: Pencegahan Korupsi dalam Perspektif Syariah