Berita

Gempa Magnitudo 4.6 Guncang Sukabumi, Warga Terpaksa Keluar Rumah

136
×

Gempa Magnitudo 4.6 Guncang Sukabumi, Warga Terpaksa Keluar Rumah

Sebarkan artikel ini
Gempa magnitudo 4.6
Gempa magnitudo 4.6 guncang Sukabumi, Jawa Barat, pada Kamis (14/12/2023). | Doc: BMKG

Sukabumihitz – Sebuah gempa dengan magnitudo 4.6 menggegerkan warga Sukabumi, Jawa Barat, pada Kamis pagi (14/12). Beberapa warga yang sedang bersiap-siap untuk memulai aktivitas harian mereka terpaksa meninggalkan rumah karena merasakan getaran gempa yang cukup kuat.

Awalnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa ini memiliki kekuatan dengan magnitudo 4.7, namun kemudian informasi tersebut direvisi menjadi 4.6 M. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 06.35 WIB, dengan pusat gempa berada 25 kilometer barat laut Kabupaten Sukabumi.

Informasi dari warning.bmkg.go.id., berdasarkan Skala MMI, wilayah yang merasakan guncangan gempa mencakup III – IV Pamijahan, III Panggarangan, III Bayah, III Kalapanunggal, III Cilograng, III Bogor, II – III Ciputat, II – III Tangerang, dan II Pelabuhan Ratu.

Berdasarkan informasi dari BMKG, Koordinat titik gempa berada di 6.76 LS (Lintang Selatan) dan 106.53 BT (Bujur Timur). Serta pusat gempa berada di kedalaman 5 kilometer.

Baca juga: SD Bosowa  Bina Insani Gelar Acara Best Practice Pelajar Korea

“Info Gempa Mag:4.6, 14-Dec-23 06:35:12 WIB, Lok:6.76 LS – 106.53 BT (25 km BaratLaut KAB-SUKABUMI-JABAR), Kedlmn: 5 Km::BMKG,” dikutip dari BMKG, Kamis (14/12).

“Gempa terasa cukup kuat namun berlangsung sebentar saja,” ungkap Dina, seorang warga di Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi.

Ia sempat keluar rumah karena khawatir adanya gempa susulan, tetapi gempa hanya berlangsung singkat, sehingga ia kembali masuk ke rumah. Dina melaporkan bahwa gempa tidak menyebabkan kerusakan pada rumah di sekitar tempat tinggalnya.

Usai gempa, tim BPBD Kabupaten Sukabumi terus mengawasi situasi di lapangan untuk menjamin keamanan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Baca juga: HUT ke-36 RSUD Palabuhanratu: Bupati Sukabumi Sambut Era Baru Pelayanan Kesehatan